Penyebab Kanker Usus Besar

Penyebab Kanker Usus Besar

 

 

Ada begitu banyak jenis kanker yang dialami manusia di era modern saat ini. Tak jarang, kanker juga dikarenakan oleh riwayat keluarga yang dulunya juga terkena jenis penyakit yang sama. Agar Anda bisa lebih waspada, berikut adalah delapan penyebab kanker usus besar :

1. Usia

Usia adalah faktor utama yang mendukung terjadinya kanker usus besar. Apakah itu berarti bahwa usia menyebabkan kanker usus? Tidak secara langsung. Hanya saja menginjak usia usia 50 tahun atau lebih, satu dari empat orang memiliki polip yang memicu peningkatan risiko kanker.

2. Alkohol

Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol meningkatkan risiko kanker kolorektal. Jadi sebaiknya hindari minuman beralkohol atau makanan yang berisi kandungan alkohol.

3. Diabetes

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology menemukan bahwa ketergantungan insulin berkontribusi terhadap perkembangan kanker usus besar. Secara umum, penderita diabetes 40% lebih mungkin mengembangkan kanker usus besar dibandingkan dengan orang yang tidak menderita diabetes.

4. Makanan

Makanan tinggi lemak dan kolesterol (terutama dari sumber hewan) dapat menyebabkan kanker usus besar. Makan makanan rendah serat juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker usus.

5. Lingkungan

Penelitian telah menunjukkan bahwa lingkungan dapat memainkan peran besar dalam perkembangan kanker usus besar. Di mana Anda tinggal, siapa di sekitar Anda, apa pekerjaan Anda, dan bahkan ketika Anda bekerja semua dapat mempengaruhi risiko terkena kanker usus besar.

6. Genetika

Para peneliti memperkirakan bahwa sekitar 25% dari kasus kanker usus besar memiliki semacam kaitan genetik. Contoh penyebab genetik yang paling umum dari kanker usus besar termasuk mutasi menuju FAP (familial adenomatosa poliposis) dan HNPCC (kanker kolorektal non-poliposis herediter).

7. Radang usus

Penyakit radang usus, sering ditandai dengan kondisi seperti ulcerative colitis dan penyakit Chron, yang dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker kolorektal. Secara umum, semakin lama seseorang memiliki penyakit radang usus, semakin besar kesempatannya terkena kanker kolorektal.

8. Kurang olahraga

Penelitian telah menunjukkan bahwa gaya hidup berkontribusi terhadap perkembangan kanker usus besar, termasuk kurangnya olahraga.

Inilah delapan penyebab kanker usus yang harus diwaspadai. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati!

Faktor Risiko Kanker Usus Besar

Setiap orang memiliki risiko terkena kanker usus. Banyak yang berkata jika sering buang air besar bisa menyehatkan usus. Anggapan tersebut ada benarnya. Tinja yang sering ditahan bisa menyebabkan toksin yang berbahaya bagi usus besar. Berikut ini ada beberapa orang yang rentan terkena penyakit kanker usus.

  • Mutasi Genetik

Keturunan bisa menyebabkan kanker. Hal tersebut dikarenakan kanker bisa melakukan mtasi genetik. Misalnya gen dari ibu memiliki gen kanker. Gen kanker tersebut melakukan mutasi dan bisa berada di dalam gen Anda. Penyakit kanker usus banyak menyerang gen orang Amerika, Afrika dan juga keturunan  Eropa Timur. Tidak heran jika kanker usus dinobatkan sebagai pembunuh paling banyak di negara-negara tersebut. Angka kematian akibat kanker usus menjadi pembunuh nomor satu di negara Amerika, Afrika dan juga Eropa Timur.

  • Berumur Lebih Dari 40 Tahun

Wanita maupun pria bisa terkena penyakit ini. Orang dengan usia lebih dari 40 tahun bisa rentan terkena penyakit ini. Hal tersebut dikarenakan pencernaan seseorang dengan usia lebih dari 40 tahun sudah berkurang fungsinya. Begitu pula dengan usus dan usus besar. Saat memakan makanan yang mengandung banyak lemak serta kolesterol tinggi. Organ pencernaan tidak bisa menguraikannya akibatnya adalah usus besar tidak dapat menyerap sari-sari makanan dan tinja tidak dapat dibusukkan. Hal itulah yang menyebabkan orang dengan usia lebih dari 40 tahun rentan terkena diare.

  • Pola Makan Tidak Sehat. Pola makan tidak sehat berasal dari pola makan yang tidak teratur dan kaya lemak.
    • Makanan Yang Bisa Menyebabkan Kanker Usus Besar
      • Makanan Yang Tinggi lemak.
      • Makanan cepat saji.
      • Makanan kaya minyak seperti gorengan.
      • Makanan mengandung banyak bahan pengawet.
      • Makanan yang diolah dan diawetkan seperti sarden, kornet dan nugget.
      • Daging olahan.
      • Daging merah kaya lemak.
  • Pola Hidup Tidak Sehat. Secara tidak sadar, pola hidup seseorang bisa menyebabkan terkena kanker usus besar. Namun banyak masyarakat yang tahu namun pura-pira tidak tahu serta ada masyarakat yang benar-benar tidak tahu. Kurangnya informasi hidup sehat yang diperoleh membuat masyarakat tidak tahu bagaimana cara melakukan pola hidup sehat.
    • Yang Menyebabkan Terkena Kanker Usus Besar
      • Merokok merupakan penyebab dari berbagai penyakit kronis. Selama ini bahaya tentang merokok terus digalakkan namun banyak masyarakat yang mengindahkannya. Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat diuraikan oleh usus akibatnya asap tersebut menjadi toksin yang menempel erat di dinding-dinding usus.
      • Alkohol memiliki kandungan zat yang berbahaya. Jika alkohol dibarengi dengan merokok akan menciptakan efek sinergis. Sehingga faktor risiko orang terkena penyakit kanker usus semakin besar.
  • Riwayat Keluarga Polip Kolorektal

Penyakit warisan berupa polip kolorektal bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker usus besar. Jika ada keluarga yang pernah mengalaminya, Anda pun juga memiliki risiko besar untuk terkena polip tersebut. Jika Anda sudah terkena polip diharapkan untuk selalu melakukan tes skrining.

  • Riwayat Keluarga Kanker Payudara

Ada jenis gen kanker tertentu yang bisa menjadi kanker tertentu. Di dalam keluarga ada yang pernah menderita kanker payudara, risiko untuk terkena kanker usus lebih besar. Sebab gen yang dihasilkan antara kanker payudara dengan kanker usus besar sama. Sama halnya dengan riwayat keluarga kanker serviks, bisa berubah menjadi gen kanker rahim.

  • Penyakit Radang Usus Atau Crohn Atau Kolitis Ulserativa

Banyak yang tidak menyadari jika terkena kanker usus besar hal itu dikarenakan gejalanya bisa sama dengan penyakit pencernaan yang lainnya. Begitu pula orang yang menderita penyakit radang usus tidak menyadari jika penyakit radang ususnya telah berubah menjadi kanker usus besar.

  • BAB Tidak Teratur

Meskipun terdengar sepele, orang dengan BAB yang tidak teratur berisiko terkena kanker usus. Hal itu dikarenakan banyak tinja yang menumpuk di usus besar sehingga menimbulkan racun untuk usus besar.

You may also like...

%d bloggers like this: