Fungsi Usus Besar dan Usus Halus

Fungsi Usus Besar dan Usus Halus

 

 

Usus adalah tabung berotot yang memanjang dari ujung bawah perut Anda ke anus Anda, pembukaan yang lebih rendah dari saluran pencernaan. Hal ini juga disebut usus atau perut.

Makanan dan Produk pencernaan melewati usus, yang dibagi menjadi dua bagian yang disebut usus halus dan usus besar.

Usus halus

Usus halus terdiri dari tiga segmen, yang merupakan sebuah bagian dari perut Anda (pembukaan antara perut dan usus halus disebut pilorus) ke usus besar Anda:

  • Duodenum: bagian pendek ini adalah bagian dari usus halus yang mengambil kedalam makanan dicerna sebagian dari lambung Anda melalui pilorus, dan melanjutkan proses pencernaan. Duodenum ini juga menggunakan empedu dari kantung empedu, hati, dan pankreas untuk membantu mencerna makanan.
  • Jejunum: Bagian tengah dari usus halus yang membawa makanan dengan cepat, dengan kontraksi otot seperti gelombang, menuju ileum.
  • Ileum: Bagian terakhir ini adalah bagian terpanjang dari usus halus Anda. Ileum adalah di mana sebagian besar nutrisi dari makanan Anda diserap sebelum dikosongkan ke dalam usus besar.

Pada saat makanan mencapai usus halus Anda, sudah rusak dan dihaluskan ke dalam cairan oleh lambung Anda. Setiap hari, usus halus Anda menerima antara satu sampai tiga galon (atau enam hingga dua belas liter) cairan ini.

Usus halus melakukan sebagian besar proses pencernaan, menyerap hampir semua nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan ke dalam aliran darah Anda. Dinding usus halus membuat getah pencernaan, atau enzim, yang bekerja sama dengan enzim dari hati dan pankreas untuk melakukan hal ini.

Bagaimana usus halus mencerna begitu banyak? Kalau diperhatikan, usus halus seperti pipa, tampaknya sulit untuk percaya bahwa organ yang begitu sempit bisa melakukan pekerjaan yang besar. Namun, penampilan dapat menipu.

Luas permukaan serap dari usus halus sebenarnya sekitar 250 meter persegi (hampir 2.700 kaki persegi) – seukuran lapangan tenis! Bagaimana mungkin? Usus halus memiliki tiga fitur yang memungkinkan untuk memiliki luas permukaan serap besar dikemas ke dalam ruang yang relatif kecil:

lipatan Mukosa : Permukaan dalam usus halus tidak rata, tetapi dibuat ke dalam lipatan melingkar. Hal ini tidak hanya meningkatkan luas permukaan, tetapi membantu mengatur aliran makanan yang dicerna melalui usus Anda.

Villi: Lipatan yang membentuk berbagai juluran kecil yang menonjol ke dalam ruang terbuka di dalam usus halus Anda (atau lumen), dan ditutupi dengan sel-sel yang membantu menyerap nutrisi dari makanan yang melewatinya.

Mikrovili: Sel-sel pada vili yang dikemas penuh dengan struktur mirip rambut kecil yang disebut mikrovili. Ini membantu meningkatkan permukaan setiap sel individu, yang berarti bahwa setiap sel dapat menyerap lebih banyak nutrisi.

Meskipun usus halus lebih sempit dari usus besar, sebenarnya bagian terpanjang dari saluran pencernaan Anda, berukuran sekitar 22 kaki (atau tujuh meter) rata-rata, atau tiga setengah kali panjang tubuh Anda.

patch Peyer: Kecil, bercak putih dari jaringan limfoid yang disebut patch Peyer; terjadi pada selaput lendir usus kecil. Mereka melawan infeksi.

Fungsi Usus Halus

Seperti halnya organ tubuh lain, usus halus juga memiliki beberapa fungsi di dalam pencernaan, adapun beberapa fungsinya adalah sebagai berikut:

  1. Yang pertama adalah bertanggung jawab untuk menyerap sebagian besar dari nutrisi yang mana ditemukan di dalam makanan yang dikonsumsi. Nantinya nutrisi tersebut akan dipecah menjadi sebuah cairan dan cairan tersebut akan mengalir di permukaan di dalam usus halus.

  2. Kemudian yang kedua adalah setelah nutrisi dialirkan, maka nantinya darah akan meninggalkan usus halus yang membawa nutrisi tersebut, kemudian juga elektrolot air, mineral, vitamin dan yang lainnya ke seluruh tubuh. dalam proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai dengan 6 jam.

  3. Lalu yang ketiga adalah memiliki fungsi untuk memecah lemak, pati dan juga protein yang nantinya akan dijadikan sebagai asam lemak, asam amino dan juga gula sederhana yang mana dapat diserap oleh tubuh.

 

Usus besar

Usus besar Anda adalah sekitar 1,5 meter. Usus besar jauh lebih luas daripada usus halus dan mengambil jalur lebih tegak melalui lambung Anda, atau perut. Tugasnya adalah untuk menyerap air dan garam dari bahan makanan yang telah dicerna, dan menyingkirkan setiap produk limbah yang tersisa. Pada saat makanan dicampur dengan cairan pencernaan mencapai usus besar Anda, proses penyerapan telah terjadi disini. Apa yang tersisa terutama serat (materi tanaman yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna), sel-sel mati yang meluruh dari lapisan usus Anda, garam, pigmen empedu dan air. Dalam usus besar, bakteri memakan campuran ini. Bakteri bermanfaat menghasilkan vitamin berharga yang diserap ke dalam darah Anda, dan mereka juga membantu mencerna serat. Usus besar terdiri dari bagian-bagian berikut:

Sekum: Bagian pertama ini usus besar Anda terlihat seperti kantong, sekitar dua inci panjangnya.

Kolon: Ini adalah bagian utama dari usus besar; Anda mungkin pernah mendengar orang berbicara tentang usus sendiri sebenarnya mengacu pada bagian ini. Usus besar juga merupakan tempat utama untuk reabsorpsi air, dan menyerap garam bila diperlukan. Usus besar terdiri dari empat bagian:

  1. kolom asenden: Menggunakan kontraksi otot, ini bagian dari usus besar mendorong setiap tercerna puing-puing naik dari sekum ke lokasi tepat di bawah ujung kanan bawah hati.
  2. kolon transversus: Makanan bergerak melalui ini bagian kedua dari usus besar, di bagian depan (anterior atau) dinding perut Anda, perjalanan dari kiri ke kanan tepat di bawah perut Anda.
  3. kolon desenden: Bagian ketiga dari usus besar yang mendorong isinya, turun ke sisi kiri bawah perut Anda.
  4. Kolon sigmoid: ujung usus besar berbentuk S, melengkung kurva ke dalam di antara gulungan usus halus Anda, kemudian bermuara ke rektum.

Rektum: Bagian terakhir dari langkah-langkah saluran pencernaan 1-1,6 inci (atau 2,5 sampai 4 cm). Limbah Sisa yang berkumpul disana akan memperluas rektum, sampai Anda pergi ke kamar mandi. Pada saat itu, siap untuk dikosongkan melalui anus Anda.

Fungsi Usus Besar

Selain usus halus, usus besar juga memiliki fungsi tersendiri, lalu apa saja fungsi dari usus besar? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Yang pertama adalah untuk menyerap air dan juga garam yag berasal dari makanan yang tadinya sudah dicerna pada usus halus.

  2. Kemudian yang kedua adalah membantu untuk menjaga keseimbangan dari cairan darah serta sebagai tempat di mana produksi vitamin K di dalam tubuh yang berfungsi untuk proses pembekuan darah.

  3. Lalu yang ketiga adalah menghilangkan limbah yang beracun dari dalam tubuh dan dibuat di dalam bentuk tinja serta sebagai tempat penyimpanan dari limbah padat sampai dengan diekskresikan keluar melalui organ anus. Jadi itulah beberapa fungsi usus halus dan usus besar dalam sistem pencernaan.

Fakta menarik dari Usus:

  • Pada orang dewasa, panjang usus halus sekitar 16 kaki (rata-rata), dan diameter sekitar 1-2 inci.
  • Jika usus halus hanya tabung sederhana, itu akan memiliki luas permukaan hanya sekitar ½ meter persegi, atau sekitar ukuran kursi. Namun, usus halus memiliki lapisan dalam yang sangat kompleks, yang terdiri dari jutaan jari-jari kecil (disebut vili), yang meningkatkan luas daerah sampai sekitar 200 meter persegi, atau sekitar ukuran lapangan tenis!
  • Makanan dapat tertahan pada usus halus dari mana saja mulai dari dari 1 sampai 4 jam. Selama waktu ini, sebagian besar pencernaan kimia makanan terjadi (dan sebagian besar penyerapan juga).
  • Usus halus dan usus besar Anda memiliki otot di dalamnya (disebut otot polos) yang menggerakan makanan melalui usus. Otot-otot ini memungkinkan semua makanan yang Anda makan untuk berjalan melalui sistem Anda, sering melawan gaya gravitasi untuk melakukannya – ini berarti bahwa Anda sebenarnya bisa makan sambil terbalik!
  • Usus besar sebenarnya lebih pendek dari usus halus, hanya menjadi sekitar 5 kaki panjang pada orang dewasa. Usus diberi nama untuk seberapa luas mereka, tidak sebeberapa panjang mereka.
  • Dalam hidup Anda, sistem pencernaan (mulut, esofagus, lambung, usus, pankreas, hati) akan menangani lebih dari 50 ton makanan dan cairan!
  • Makanan diserap dalam usus pergi langsung ke hati melalui vena besar yang disebut vena portal.
  • Usus besar membuat “U” terbalik pada perut Anda. Itu berjalan dari sisi kanan bawah, hingga tulang rusuk Anda, menyeberang ke sisi kiri, dan turun ke sisi kanan bawah, akhirnya turun ke tengah dan menghubungkan ke rektum Anda.
  • Gas yang terbentuk dalam usus besar Anda menyebabkan perut kembung. Sebagian besar gas ini diproduksi oleh bakteri ramah yang hidup di usus besar Anda, dan memungkinkan kita untuk menyerap vitamin dan nutrisi yang berbeda sehingga kita tidak bisa menyerap sebaliknya. Gas ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit untuk melewati sistem anda.
  • Dalam usus besar, terutama untuk menyerap air. Makanan kadang-kadang bisa bertahan di usus besar dari 18 jam sampai 2 hari!
  • Manusia bisa hidup tanpa usus besar, seperti orang-orang yang harus memotong usus karena sesuatu yang buruk terjadi pada mereka. Karena mereka tidak dapat menyerap semua air dari kotoran mereka, menjadi benar-benar cair, hampir seperti diare.
  • Sebagian besar enzim pencernaan pada usus halus benar-benar datang dari pankreas.

 

Menjaga Kesehata Usus dengan menggunakan produk herbal alami Bioalpha RNW 10

Berjuta khasiat dan manfaat dari keseluruhan bahan utama dapat kita rasakan untuk membantu berbagai penyakit usus baik itu usus buntu, usus turun, radang usus, kanker usus, dan usus besar.

 

RNW 10 : Herbal Super Komplit, untuk Hidup Sehat dan Panjang Umur

Tahukah Anda bahwa akar dari masalah-masalah tersebut adalah karena adanya timbunan toksin di dalam tubuh Anda ?
Begitu berbahayanya toksin yang terakumulasi dalam jaringan lemak, maka kita perlu melakukan proses Detoksifikasi agar proses regenerasi sel tidak terganggu.
Produk Bioalpha RNW 10 akan membebaskan dan mempercepat (proses penggantian jaringan yang rusak dengan jaringan baru) dari Stem Cell.

Kandungan Produk Bioalpha RNW 10

1. Wheat grass 530 mg

  • Adalah membentuk darah
  • Membersihkan tubuh dan juga sumber vitamin B, C, dan E.
  • Memiliki kandungan asam amino kadar tinggi.
  • Bisa melawan sakit dan melindungi kita dari sakit (kekebalan tubuh).

2. Rumput Barley 4350 mg

  • Bermanfaat untuk membersihkan tubuh pada tingkat sel.
  • Menormalkan metabolisme, menurunkan kadar kolesterol, membantu pencernaan dan menghilangkan sembelit.
  • Membantu masalah jerawat, Aids/HIV, alergi, demam, bronchitis, kandidiasis, eksim, herpes, infeksi, masalah ginjal, kusta, TBC, bisul, psorisis dsb.

3. Spirulina 340 mg

  • Kandungan zat besinya 58 x lebih banyak dibandingkan sayuran bayam, dan 18 x lebih tinggi dari daging.
  • Betakarotinnya 25 x lebih banyak dibanding wortel dan 100 x lebih banyak dibanding pepaya.
  • Bermanfaat untuk meningkatkan imunitas, suplemen protein, anemia, alergi, penyakit yang berhubungan dengan antibiotik, infeksi, mengurangi resiko kanker dan efek kemoterapi.
  • Mengatasi kerusakan lever, baik untuk penderita diabetes.
  • Untuk Penurunan berat badan.

4. Chlorella 3450 mg

  • Untuk Detoksifiksi.
  • Meningkatkan energi.
  • Membersihkan bau mulut.
  • Membantu mengatasi masalah jamur di vagina.
  • Hasrat untuk menikmati yang manis-manis menjadi turun.
  • Rambut tidak kering.
  • Mengurangi sakit kepala.
  • Membersihkan karang gigi.

5. Alfalfa 3360 mg

  • Menyembuhkan masalah ginjal, mengurangi retensi cairan dan pembengkakan.
  • Menyembuhkan gangguan auto-imun.
  • Penyembuhan radang sendi, pencernaan, sistem rangka, kelenjar dan saluran kencing.
  • Membersihkan darah, hati, usus.
  • Menurunkan kadar kolesterol.
  • Mencegah stroke.
  • Menyembuhkan batuk.
  • Menjadikan pencernaan menjadi bagus.
  • Membantu penyembuhan ulcus.

6. Chorophyll 380 mg

  • Mendukung kerja usus, paru-paru dan fungsi jantung.
  • Mendukung detoksifikasi.
  • Membantu dalam penyembuhan luka.
  • Meningkatkan system kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan sel darah merah.

7. Lidah Buaya 40 mg

  • Produk alami yang banyak digunakan untuk produk kesehatan, kecantikan, obat dan perawatan kuli.
  • Mengandung 75 unsur yang berpotensi aktif termasuk vitamin, enzim, mineral, gula, lignin, saponin, asam salisilat dan asam amino.
  • Lidah buaya adalah primadona dalam kekebalan tubuh, memulihkan kondisi tubuh pasca penyakit dan kelelahan.

8. Garcinia Cambogia 1990 mg

  • Obesitas adalah merupakan masalah kesehatan publik secara global, dengan sekitar 315 juta orang di seluruh dunia yang dikategorikan obesitas.
  • Menurut WHO obat-obatan herbal tradisional memiliki potensi dalam mengatasi obesitas.
  • Suplemen-suplemen makanan botani kebanyakan mengandung campuran kompleks dari fitokimiawi yang memiliki interaksi aditif atau sinergis.

9. Tepung Beras Merah 380 mg

  • Berisi selenium yang berguna untuk mengontrol radikal bebas yang dapat merusak sel-sel membran, sehingga cocok untuk mencegah penyakit degeneratif.
  • Beras merah merupakan sumber magnesium, zat besi, selenium, mangan dan vitamin B1, B2, B3 dan B6.
  • Bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, bagus untuk penderita maupun mencegah penyakit kanker, maupun pencegahan kardiovaskuler.

10. Cuka Sari Apel 80 mg

  • Kandungannya berisi zat yang disebut asam asetat.
  • Mengandung beberapa asam sitrat dan malat laktat.
  • Membantu untuk penderita diabetes, penurunan berat badan, tekanan darah tinggi dan kolesterol.
  • Mengurangi gejala reumatik dan asam urat, memperbaiki sistem pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi gejala alergi, sakit tenggorokan dan infeksi usus.

Manfaat Produk Bioalpha RNW 10

  • Detoksifikasi dan meningkatkan fungsi tubuh.
  • Menyeimbangkan berat badan.
  • Mengatasi sembelit.
  • Membantu mengatasi: Alergi, sakit kepala, stroke, asam urat, diabetes, kanker dll.
  • Menormalkan PH (kadar keasaman) pencernaan.
  • Meringankan beban fungsi enzim di pankreas.
  • Mengurangi lemak dan penyumbatan pada hati.
  • Membangun flora usus.
  • Melancarkan pembuangan lendir dan ampas dari dinding usus, agar penyerapan zat makanan menjadi lebih baik.
  • Membuang kotoran yang menyumbat saluran usus. (penyumbatan pada usus bisa mengakibatkan kanker usus).
  • Merangsang peristaltik usus, agar pembuangan lebih lancar.
  • Membersihkan darah, kotoran dan kerak dalam tubuh.
  • Membersihkan saluran kencing dan memperbaiki keseimbangan cairan tubuh.
  • Melancarkan peredaran getah bening.
  • Membuka pri-pori kulit.
  • Mengeluarkan lendir dari paru-paru, serta melancarkan pernafasan.
  • Meremajakan sel-sel, sehingga kulitpun menjadi bersih, sehat, kencang dan lembut (awet Muda).

Saran Penggunaan Produk Bioalpha RNW 10

1 s/d 2 sachet per hari, Seduh dengan air biasa / dingin, aduk sampai rata dan langsung diminum.

Harga Bioalpha RNW 10 Murah Tangerang

  • Harga RNW 10 Rp 1.100.000 / Box isinya 30 saset
  • Belum termasuk ongkos kirim
  • Pengiriman setiap hari
  • Atau bisa datang langsung ke toko ” Herbal Shop ” di Tanngerang

Informasi Lebih lanjut silahkan hubungi kontak person di sebelah kanan website.

You may also like...

%d bloggers like this: